Mengatasi Komputer Atau Laptop Yang Cepat Panas

Mengatasi Komputer Atau Laptop Yang Cepat Panas


Selamat malam sobat sekalian. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas komputer atau laptop yang cepat panas seperti yang tertera pada judul di atas. Bagi sobat sekalian yang komputer atau laptopnya cepat panas ada beberapa faktor yang mempengaruhinya dan untuk mengatasinya.

1. Pemakaian yang terlalu berlebihan
Bagi sobat sekalian, khususnya para Gamers. Perlu diperhatikan jika komputer terlalu lama digunakan akan panas apalagi jika digunakan untuk bermain game beresolusi tinggi (HD), hal ini membuat komponem komputer seperti Memory, VGA, dan khususnya prosesor harus bekerja keras. Ditambah lagi ketika bermain game lupa waktu bisa sampai 3-10 jam yang kalau menurut saya ini sangat berlebihan. Nah... maka dari itu untuk mengatasinya kita pasang kipas di belakang CPU atau juga bisa memasang coolingpad dibwah laptop untuk mencegah pemanasan dini.
 
2. Sirkulasi udara yang kurang
Nah... ini juga pasti sering dilakukan oleh sobat yang punya laptop... males-malesan di atas kasur sambil main laptop... soalnya saya juga sering kaya gini sebelumnya. Perlu diperhatikan ketika kita menaruh laptop di atas kasur sirkulasi udara dari laptop yang melalui fentilasi di bagian bawah laptop tertutup sehingga laptop mudah panas. Selain sirkulasi udara terganggu juga dapat menyebabkan heatsink kotor dan menyebabkannya macet. Jadi taruh laptop di permukaan yang rata seperti pada meja atau lebih bagus lagi bila di atas coolingpad.
 
3. Overclocking yang dipaksakan
Overclocking maksudnya istilah teknologi informasi yang mengacu kepada cara untuk membuat suatu perangkat untuk berjalan di kecepatan yang lebih tinggi daripada ketentuan pembuat perangkat tersebut. Bagi beberapa orang performa maksimal sangat dibutuhkan tetapi perlu bahwa itu dapat menyebabkan prosesor menjadi panas. Jadi setting overclock dalam level normal saja agar komputer tidak cepat panas.
 
4. Heatsink kotor
Seperti yang diterangkan di atas  jangan menaruh laptop di atas kasur karena dapat menyebabkan heatshink atau kipas angingnya kotor. Utuk membersihkanya dapat dengan menggunakan vacum cleaner (yang ukurannya kecil). Atau juga bisa dengan membongkar komputer dan membersikannya secara manual. 
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Unknown
admin
December 15, 2015 at 12:15 PM ×

Makasih Gan
buka juga http://xirpl3.blogspot.co.id/

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Silahkan berkomentar dengan baik tanpa spam.
"Komentar anda adalah motivasi untuk blog ini" ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment